10 Olahraga Bela Diri Terbaik Versi Fitness for Men

Apa yang akan Anda lakukan jika suatu saat Anda berhadapan dengan kejahatan di jalan? Lari? Teriak minta tolong? Atau mencoba mengatasinya? Jika Anda memilih dan terpaksa mengatasinya, Anda membutuhkan keahlian bela diri yang mumpuni.

Orang mempelajari jenis olahraga ini dengan berbagai alasan, termasuk kemampuan bertarung, kebugaran, pertahanan diri, olahraga, meditasi, disiplin mental, pengembangan karakter, dan membangun rasa percaya diri. Ada bermacam seni bela diri yang ada di dunia. Masing-masing mempunyai karakteristik yang khas. Berikut 10 macam seni bela diri terbaik pilihan kami.

1 Karate

Dalam bahasa Jepang, ‘Karate’ berarti tangan kosong. Karate merupakan salah satu seni bela diri populer yang berasal dari pulau Okinawa, Jepang. Diciptakan sekitar satu abad lalu, karate mulai populer di daratan Jepang di tahun 1900-an, saat guru Gichin Funakoshi menyederhanakan teknik pertahanan diri dan menambahkan aspek seni ke dalamnya. Ada banyak gaya yang berbeda dalam karate. Tetapi, secara garis besar, gaya tersebut ditandai dengan tangkisan, pukulan, dan tendangan yang sama kerasnya.

Kekuatan: * * * *

Kelincahan: * * * *

Fleksibilitas: * * *

Daya rusak: * * * *

2 Tae Kwon Do

Dalam bahasa Korea, ‘Tae Kwon Do’ berarti ‘cara tangan dan kaki’. Namun, dalam praktiknya, seni bela diri ini lebih menguatkan teknik tendangan daripada serangan tangan. Para praktisi percaya bahwa kaki lebih panjang dan umumnya lebih kuat daripada tangan sehingga diyakini menjadi sebagai senjata terbaik yang dimiliki oleh seorang seniman bela diri.

Kekuatan: * * *

Kelincahan: * * * *

Fleksibilitas: * * * *

Daya rusak: * * * *

3 Judo

Judo yang memiliki arti ‘cara lembut’ adalah seni bela diri modern yang lahir pada akhir abad ke-19 di Jepang. Seni bela diri ini didirikan oleh Joigoro Kano, seorang pemuda yang konon sering diintimidasi saat masih muda. Ia mengembangkan sistem bantingan dan kuncian. Karakter seperti itulah yang menomor satukan keseimbangan tubuh.

Kekuatan: * * * *

Kelincahan: * * *

Fleksibilitas: * * * *

Daya rusak: * *

4 Brazilian Jiu-Jitsu

Seni bela diri ini mungkin sering Anda dengar jika Anda suka menyaksikan pertarungan Seni Bela Diri Campuran atau Mixed Martial Arts (MMA). Seorang pejuang Brazillian Jiu-Jitsu yang juga disebut Gracie Jiu-Jitsu fokus dalam ilmu bergulat dan teknik kuncian sambil berbaring. Seni bela diri ini merupakan adaptasi dari judo Jepang yang dikembangkan oleh keluarga Gracie yang berasal dari Brasil di awal abad ke-20.

Kekuatan: * * * *

Kelincahan: * * *

Fleksibilitas: * * * *

Daya rusak: * * * *

5 Kung Fu (Wushu)

Sekarang, nama Kung Fu lebih familiar dengan sebutan Wushu, yang merupakan nama modern untuk seni bela diri Cina ini. Menurut sejarah, ribuan tahun lalu, biksu Budha bernama Bodhidharma menciptakan seni ini untuk membantu murid-muridnya berkonsentrasi selama meditasi. Saat ini, ada ratusan gaya wushu. Beberapa di antaranya yang lebih terkenal adalah Shaolin, Wing Chun, dan Tai Chi.

Kekuatan: * * *

Kelincahan: * * * * *

Fleksibilitas: * * * * *

Daya rusak: * * * *

6 Capoeira

Seni bela diri ini juga berasal dari Brasil. Capoeira diciptakan pada abad ke-19 oleh para budak Afrika. Agar tak dicurigai dan akhirnya dilarang oleh otoritas yang ada, mereka menyamarkan teknik beladiri dalam tarian. Alunan musik dari drum dan instrumen lainnya membantu mengatur ritme gerakannya, termasuk gerakan akrobatik berupa tendangan, selengkatan, dan mengait kepala menggunakan tumit. Dalam seni bela diri ini, kepiawaian melakukan teknik dan kemampuan otak dalam mengatur strategi merupakan elemen penting.

Kekuatan: * * *

Kelincahan: * * * * *

Fleksibilitas: * * * * *

Daya rusak: * * *

7 Arnis / Escrima / Kali

Seni bela diri asal Filipina ini dikenal karena senjata mereka yang meliputi tongkat rotan, pisau, dan pedang. Para petarung yang mempelajari seni bela diri ini memiliki gaya bertarung dengan gerakan kaki yang rumit. Seni bela diri ini juga mengajarkan pelakunya melakukan tangkisan dan melucuti senjata lawan untuk mengambil alih kuasa pertarungan..

Kekuatan: * * *

Kelincahan: * * * * *

Fleksibilitas: * * *

Daya rusak: * * * *

8 Muay Thai

Ini adalah salah satu olahraga nasional di Thailand, layaknya bisbol di Amerika Serikat. Sejumlah sumber mengatakan, seni ini sedikit lebih berani dari kickboxing barat karena petarungnya diizinkan menggunakan tinju, kaki, tulang kering, lutut, dan siku dalam serangan mereka.

Kekuatan: * * * *

Kelincahan: * * **

Fleksibilitas: * * * *

Daya rusak: * * * *

9 Krav Maga

Seni bela diri ini dikembangkan di Israel dan telah diadopsi oleh unit-unit militer serta polisi di seluruh dunia. Seni bela diri ini bukanlah olahraga dan tidak memiliki kompetisi. Krav maga adalah aplikasi fokus pada pertahanan diri dalam kehidupan nyata. Seni bela diri ini efektif karena Anda diajarkan untuk menghindari gangguan dan menimbulkan kerusakan maksimun dalam jarak dekat.

Kekuatan: * * * *

Kelincahan: * * * *

Fleksibilitas: * * * *

Daya rusak: * * * * *

10 Jeet Kune Do

Seni bela diri ini dikembangkan oleh aktor aksi legendaris, Bruce Lee. Dalam arti tradisional, seni bela diri ini memiliki arti ‘cara mencegah pukulan’. Jeet kune do menggabungkan beberapa sifat dan karakteristik dari berbagai gaya bertarung lainnya, termasuk tinju (barat) dan anggar. Seni bela diri ini tidak memiliki bentuk latihan yang baku. Praktisi diperbolehkan mengembangkan dan mengubah tekniknya sesuai kebutuhan.

Kekuatan: * * * *

Kelincahan: * * * * *

Fleksibilitas: * * * *

Daya rusak: * * *

sumber: disini

Satu tanggapan untuk “10 Olahraga Bela Diri Terbaik Versi Fitness for Men

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.